Media sosial mengacu pada sarana interaksi di antara orang-orang di mana mereka membuat, berbagi, dan/atau bertukar informasi dan ide dalam komunitas dan jaringan virtual. Kantor Komunikasi dan Pemasaran mengelola akun utama Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.
Waktu berubah. Ada lebih banyak pemasaran media sosial daripada memposting di Facebook dan Twitter beberapa kali sehari. Jika Anda ingin membangun merek Anda, melibatkan prospek Anda, dan meningkatkan penjualan, itu membutuhkan waktu dan kerja keras.
Anda harus menonjol dari kebanyakan pesaing, kebisingan media sosial, dan bahkan bersaing dengan influencer, selebriti, dan nama besar lainnya.
Anda membutuhkan strategi media sosial yang brilian.
Seringkali, seperti halnya pemasaran inovatif lainnya, Anda akan menemukan bahwa Anda harus menjauh dari platform media sosial tradisional—dan terus-menerus menemukan cara baru untuk menjangkau pelanggan target Anda.
Popularitas TikTok menyoroti pentingnya tetap up-to-date dengan dunia digital yang terus berubah, agar tidak kehilangan peluang utama.
Definisi Panduan Pemasaran Media Sosial
Berikut adalah beberapa istilah umum yang perlu Anda ketahui saat mengembangkan strategi pemasaran media sosial Anda.
Isi
Konten adalah apa pun yang Anda posting di media sosial. Bisa berupa update status Facebook, video di Instagram, Tweet, dan lain sebagainya.
Konten datang dalam berbagai bentuk, dan Anda perlu menyesuaikannya dengan setiap platform. Namun, yang lebih penting dari konten adalah konteks.
Konteks
Gary Vaynerchuk berkata, “Konten adalah raja, tetapi konteks adalah Tuhan.”
Misalnya, Anda mungkin memiliki lelucon yang bagus, tetapi jika Anda menempatkannya di suatu tempat di dalam posting blog 3.000 kata, sangat sedikit orang yang akan melihatnya. Namun, di Twitter, lelucon yang sama dengan tweet mungkin menghancurkannya.
Plus, siapa pun bisa ikut bersenang-senang. Saat melihat Tweet yang paling banyak di-retweet dan paling lucu yang pernah ada, kita dapat melihat bahkan CIA melihat nilai dalam menggunakan media sosial untuk menciptakan buzz positif.
Kebalikannya juga benar. Membungkus seluruh posting blog Anda menjadi satu tweet hampir tidak mungkin, jadi cobalah ajakan bertindak yang baik dengan beberapa tagar yang relevan. Dan itu membawa kita ke hashtag.
Hashtag
Sekarang, Anda mungkin tahu bahwa tagar adalah alat yang sangat umum digunakan orang untuk menambahkan informasi meta di hampir semua saluran media sosial. Twitter, Facebook, Instagram, dan Pinterest semuanya menggunakan tagar untuk memungkinkan Anda mendeskripsikan topik konten Anda atau menandainya sebagai bagian dari tren saat ini.
Mereka membuat konten Anda mudah ditemukan oleh pengguna dan oleh karena itu kemungkinan besar mereka akan membagikannya.
Berbagi
Saham adalah mata uang dunia media sosial.
Saat orang terlibat dan berinteraksi dengan konten Anda, itu bagus. Tetapi ketika mereka membagikannya, itulah saatnya untuk merayakannya.
Alat media sosial yang hebat untuk mengukur pangsa dan dampak keseluruhan konten adalah BuzzSumo.
Semakin banyak dibagikan, semakin banyak orang menyukai konten Anda. Berbagi adalah bentuk keterlibatan terbaik yang dapat dimiliki orang.
Keterikatan
Ini adalah istilah umum yang mengacu pada bagaimana orang berinteraksi dengan konten yang Anda hasilkan. Itu bisa berupa suka, reaksi, komentar, atau berbagi. Semua ini bagus, tetapi sahamnya ada di tempatnya.
Sekarang setelah kita membahas beberapa definisi media sosial, mari kita lihat pilar inti media sosial.
Pilar Inti Pemasaran Media Sosial
Tidak ada keraguan tentang itu: hari ini, bisnis Anda harus ada di media sosial, dan Anda harus memusatkan setidaknya beberapa upaya pemasaran Anda (dan anggaran) pada strategi media sosial Anda.
Dengan 4,48 miliar orang yang memiliki akun media sosial, ada seluruh dunia pelanggan potensial yang dapat diakses oleh bisnis mana pun, hanya dengan masuk dan membuat konten yang brilian.
Merek seperti BooHoo, Depop, dan Chipotle unggul di media sosial, dan ada satu alasan sederhana: mereka mengintegrasikan pilar inti pemasaran media sosial.
Ada lima pilar utama. Mari kita bahas satu per satu.
1. Strategi
Strategi pemasaran media sosial yang baik adalah tulang punggung kehadiran media sosial Anda. Tanpa strategi, Anda membuang-buang waktu, tidak mungkin mencapai tujuan Anda, dan kemungkinan besar akan berjuang untuk menjangkau audiens target Anda.
Jika Anda tidak yakin, strategi konten terdiri dari mendapatkan "Konten yang tepat, kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat."
Dalam istilah yang paling dasar, strategi konten membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan memungkinkan Anda untuk:
buat konten yang berharga
mendorong keterlibatan
tingkatkan konversi
Strategi pemasaran media sosial yang baik memiliki tujuan yang jelas, rencana khusus untuk mencapai tujuan tersebut, dan harus terukur.
Terakhir, Anda perlu menetapkan tolok ukur untuk melihat bagaimana keadaannya dan apakah Anda perlu mengubah pendekatan Anda.
2. Perencanaan dan Publikasi
Media sosial adalah alat yang ampuh, tetapi Anda tidak bisa keluar begitu saja dan mulai menerbitkan konten tanpa rencana di baliknya.
Saat Anda merencanakan konten, pastikan Anda:
Kenali audiens Anda: Anda perlu mengetahui demografi audiens Anda untuk terhubung dengan mereka.
Fokus pada kualitas: Kualitas konten sama pentingnya dengan kuantitas.
Pertimbangkan merek Anda: Tetap sejalan dengan nilai merek Anda sangat penting.
Dalam hal penerbitan, ada satu aturan emas: konsistensi. Jadwal penerbitan reguler membuat orang datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak.
3. Mendengarkan dan Keterlibatan
Rencanakan konten Anda dan yang terpenting, benar-benar terlibat dengan audiens Anda.
Umpan balik Anda mungkin tidak selalu positif; tetapi, jika Anda tidak melakukan perubahan, nada tanggapan Anda juga tidak.
Mendengarkan dan terlibat adalah bagian dari transformasi digital yang sukses, terutama jika Anda ingin meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
Perlu juga disebutkan bahwa mendengarkan secara sosial bukan hanya tentang pengalaman pelanggan. Ini dapat memungkinkan Anda untuk:
ikuti tren baru
mengidentifikasi aliran pendapatan baru
dapatkan wawasan industri
temukan influencer di niche Anda
Butuh bantuan untuk memulai mendengarkan sosial? Hootsuite memiliki alat pengantar gratis untuk mengukur istilah kunci dan tagar.
4. Analisis
Keberhasilan setiap kampanye pemasaran media sosial bergantung pada analitik untuk melacak dan mengumpulkan data. Tanpa informasi ini, Anda tidak dapat:
memahami perilaku pengguna
perbaiki strategi Anda
temukan platform mana yang paling cocok untuk merek Anda
temukan waktu terbaik untuk memposting
menganalisis pesaing Anda
Setelah Anda memiliki semua ini, Anda akan tahu dengan pasti apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dengan cara itu Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk apa yang dilakukan, dan membuang lebih sedikit. Pada gilirannya, analitik akan menginformasikan keputusan yang Anda buat untuk kampanye mendatang—dan sangat memengaruhi tingkat keberhasilan.
Demikian pula, pengujian A/B sangat bagus untuk menentukan konten, desain, CTA, dll. yang berfungsi paling baik.
Jika Anda memperhatikan jenis konten tertentu menerima dua kali lipat keterlibatan daripada posting lain, mainkan itu.
Misalnya, jika Anda adalah bisnis kecil, pengikut Anda kemungkinan besar adalah keluarga dan teman yang akan menyukai wawasan pribadi dan postingan perayaan karena mereka peduli dengan Anda dan kesuksesan Anda.
Memproduksi konten berkualitas tinggi yang tidak menarik minat audiens Anda akan berarti bahwa tingkat keterlibatan berkurang. Anda perlu bekerja untuk memastikan posting Anda muncul di umpan orang sebelum Anda mulai memberi makan melalui blog industri yang berwawasan luas itu.
5. Iklan
Bagi siapa pun yang mencari audiens, iklan media sosial layak untuk ditelusuri. Dengan sekitar 2,89 miliar pengguna aktif bulanan di Facebook saja, itu jumlah prospek yang luar biasa.
Tiga jenis utama iklan media sosial adalah:
Organik: Konten yang mengambil tampilan secara alami dan Anda tidak membayarnya.
Dibayar: Konten yang disponsori oleh organisasi dan karenanya memerlukan biaya untuk mempostingnya.
Earned: Konten yang telah diberikan secara gratis dalam bentuk share, like, dan komentar.
Ada beberapa cara untuk beriklan di media sosial. Misalnya, Anda dapat:
Buat konten: Ini termasuk posting dan video.
Promosikan konten: Buat posting yang dipromosikan/disponsori.
Terlibat dengan orang-orang: Aktif dalam grup yang terkait dengan industri Anda, berinteraksi dengan influencer di industri Anda, dll.
Kembangkan pengikut: Buat orang-orang di industri Anda mengikuti merek Anda dengan membuat dan berbagi konten yang menarik bagi mereka.
Dapatkan unduhan: Tawarkan PDF, kertas putih, PowerPoint, video, podcast, dll. di saluran dan profil sosial Anda.
Selain itu, jika Anda bertujuan untuk meningkatkan pengenalan merek Anda, membangun loyalitas, dan meningkatkan tingkat konversi, iklan bisa menjadi cara yang tepat.
Selain pilar utama ini, Anda juga harus:
pastikan Anda memfokuskan konten Anda pada ceruk atau demografis tertentu
bangun koneksi berkualitas dengan influencer, merek, dan pelanggan yang dapat Anda ajak membangun hubungan
tambahkan nilai dengan konten dan komentar Anda
Terakhir, pastikan Anda dapat diakses di media sosial sehingga pelanggan Anda tahu bahwa mereka dapat menghubungi Anda. Jangan hanya menunggu umpan balik. Undang itu!
Berbagai Jenis Pemasaran Media Sosial
Selain seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, pemasaran media sosial memiliki banyak bentuk yang berbeda, seperti:
pemasaran konten/pembuatan konten
iklan/sponsor
pemasaran pengaruh
manajemen media sosial/manajemen komunitas
media berbayar
membangun pengikut Anda
berkontribusi ke forum
ulasan
Jika Anda serius ingin mengembangkan merek Anda, jangan hanya fokus pada situs besar dengan audiens yang luas. Meskipun mereka adalah tempat yang jelas untuk memulai, carilah cara yang berbeda dan lebih kreatif untuk melibatkan prospek Anda dan mengembangkan prospek.
Selain itu, saat Anda menjelajahi beberapa metode lain ini, temukan konten mana yang paling cocok untuk setiap saluran guna mengoptimalkan hasil Anda.
Tren Pemasaran Media Sosial yang Perlu Diperhatikan
Dunia media sosial berubah lebih cepat daripada ruang online lainnya.
Menjaganya bukanlah tugas yang mudah.
Jadi, inilah beberapa tren yang ingin Anda ingat. Kemungkinan besar, tren ini akan berdampak tidak hanya tahun ini, tetapi juga masa depan.
Inilah mereka.
Jangkauan Organik Turun
Sekali waktu, pengguna media sosial dapat memposting konten yang menarik dan dengan mudah menumbuhkan pengikut media sosial mereka.
Setelah beberapa bulan, mereka akan menerima banyak permintaan pertemanan, komentar, pembagian, dan “suka”, semua karena konten mereka yang luar biasa.
Hari ini, itulah masalahnya. Faktanya, sebagian besar platform media sosial membuatnya semakin sulit untuk membangun pengikut organik.
Itu tidak disengaja.
Inilah alasannya. Saat kemampuan superstar organik untuk bersinar turun, sesuatu yang lain naik.
Anda dapat menebaknya: Belanja iklan.
Mereka mempersulit pengguna untuk tumbuh secara organik sehingga bisnis harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk iklan.
Faktanya, satu perubahan yang dilakukan Facebook menyebabkan penurunan 52 persen dalam jangkauan organik per posting hanya dalam beberapa bulan.
Ingat: Pada akhirnya, platform media sosial adalah bisnis.
Sosial Menjadi “Bayar untuk Bermain”
Karena jangkauan organik menjadi lebih sulit, bisnis harus membayar untuk bermain.
Itu tidak terlalu mengejutkan, sungguh. Perusahaan media sosial menghasilkan hampir semua uang mereka dari iklan.
Dengan kata lain, media sosial hanya gratis untuk pengguna karena pengiklan membayar banyak uang untuk menjangkau pengguna tersebut.
Pengguna adalah produk.
Tetapi untuk menjangkau mereka, Anda harus membayar.
Berita baiknya adalah investasi sering kali sepadan.
Sebagian besar situs media sosial masih memiliki biaya iklan yang sangat wajar, dan dengan begitu banyak orang yang menggunakan media sosial, Anda menjangkau audiens yang mungkin tidak dapat Anda manfaatkan sebaliknya.
Saluran Menggabungkan
Saat wirausahawan membuat situs web media sosial, kemungkinannya menjadi semakin tak terbatas.
Dan tren itu tidak melambat. Seiring berkembangnya cara baru untuk berkomunikasi, menjangkau pelanggan, dan menarik prospek, demikian pula strategi yang sama-sama inovatif.
Ambil, misalnya, email pengabaian keranjang.
Dulu, satu-satunya tempat untuk mengirim dan menerima pesan pengabaian keranjang adalah melalui email.
Sekarang, bagaimanapun, Facebook Messenger dan petak platform perpesanan lainnya sama-sama layak.
Misalnya, Recart memungkinkan Anda mengirim pesan Facebook tentang gerobak Shopify yang ditinggalkan:
Jadi, apa gunanya semua ini?
Saluran berubah, dan cara pemasar menggunakannya semakin berubah.
Karena semakin banyak situs media sosial menemukan pijakannya, berharap penggabungan saluran pemasaran yang berbeda terjadi lebih dari yang sudah ada.
Alat Menggabungkan
Tapi bukan hanya saluran yang bergabung. Alat media sosial yang kami gunakan juga bergabung.
Berapa kali minggu ini, misalnya, Anda masuk ke produk SaaS dengan Google atau Facebook alih-alih membuat kredensial masuk baru?
Karena semakin banyak alat membanjiri Internet, semuanya menjadi berantakan bagi pengguna alat tersebut.
Untungnya, alat pemasaran di seluruh Internet bekerja untuk berintegrasi mulus dengan raksasa periklanan.
Ambil MailChimp, misalnya.
Dengan MailChimp, perangkat lunak pemasaran email, pengguna dapat membuat Iklan Facebook dan Instagram secara native dari akun MailChimp mereka. Mereka kemudian dapat melihat pratinjau iklan mereka dan mempostingnya ke platform pilihan mereka.
Semakin banyak hal ini terjadi antara platform media sosial dan perusahaan SaaS, semakin mudah Anda melakukan pemasaran ke audiens target Anda.
Dengan mempertimbangkan tren ini, inilah saatnya untuk melihat platform paling populer (dan beberapa yang sedang naik daun).
Kami akan mulai dengan binatang terbesar dari semuanya: Facebook.
1. Facebook
Facebook adalah platform media sosial terbesar. Ini menawarkan pemasar beberapa data paling kuat dan iklan bertarget paling tepat.
Iklan Facebook memandu Anda melalui prosesnya, sehingga bahkan pemasar media sosial terbaru mungkin dapat berhasil di platform.
Manajer Bisnis Facebook
Jika Anda ingin beriklan di Facebook, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah alat Facebook Business Suite.
Anda dapat menganggap ini sebagai pusat untuk mengelola iklan, halaman, kotak masuk, dan orang-orang Anda.
Ini gratis dan cukup mudah digunakan.
Cukup buka halaman arahan untuk Bisnis Facebook dan buat akun. Anda harus sudah memiliki akun Facebook untuk mengizinkan Anda masuk.
Setelah Anda masuk, Anda akan melihat dasbor Business Suite Anda.
Alat ini adalah keharusan mutlak bagi siapa saja yang serius tentang periklanan dan pemasaran di Facebook. Ini akan memberi Anda satu tempat untuk mengkhawatirkan kinerja pemasaran Anda daripada harus melompat dari tab ke tab.
Opsi Iklan Facebook
Hal pertama yang harus Anda pilih saat membuat kampanye iklan Facebook adalah tujuan kampanye Anda.
Apakah Anda ingin mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, mendorong konversi, mempromosikan Halaman Facebook Anda, mendapatkan keterlibatan di pos Anda, atau yang lainnya?
Pilih saja yang Anda inginkan.
Terakhir, Anda dapat memilih perangkat yang ingin Anda targetkan dan di mana Anda ingin menampilkan iklan Anda.
Facebook merekomendasikan penggunaan penempatan iklan otomatis, tetapi jika Anda tidak setuju, Anda dapat dengan mudah memutuskan ke mana Anda ingin menampilkan iklan dan perangkat apa yang Anda ingin mereka targetkan.
Banyak platform media sosial membuat semua keputusan ini untuk Anda. Tetapi Facebook menempatkan Anda di kursi pengemudi karena mereka tahu Anda kemungkinan besar akan melakukan pekerjaan terbaik untuk menemukan pelanggan ideal Anda.
Bagaimanapun, Anda paling tahu target pasar Anda.
Ingin memaksimalkan fitur pemasaran Facebook? Berikut ini ikhtisar singkat tentang cara mendominasi pemasaran Facebook.
Memahami Pemirsa Serupa Facebook
Facebook memungkinkan Anda membuat pemirsa serupa atau pemirsa cerdas. Mereka menggunakan data dari orang-orang yang sebelumnya terlibat dengan iklan atau halaman Anda dan membuat audiens yang menurut mereka terbaik.
Artinya, jika Anda memiliki pemirsa yang berkinerja luar biasa, Anda dapat membuat pemirsa serupa yang juga harus berkinerja baik.
Integrasi Instagram
Tahukah Anda bahwa ketika Anda membuat iklan di Facebook, Anda juga dapat menjalankan iklan itu di Instagram dengan mengklik satu tombol?
Betul sekali. Anda tidak perlu bekerja ekstra.
Anda dapat mengklik tombol penempatan iklan Instagram dan memilih “Feed”, “Stories”, atau keduanya.
Jika iklan Anda sangat visual, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan integrasi otomatis ini. Ini akan memperluas jangkauan Anda tanpa kerja ekstra.
Facebook Live
Orang-orang menyukai siaran langsung Facebook.
Ada sesuatu tentang video langsung yang membuatnya lebih menarik.
Mungkin itu kemungkinan orang akan mengacau. Mungkin itu transparansi. Mungkin itu membuat kita merasa lebih terhubung.
pa pun alasannya, faktanya sama: Orang-orang menikmati video langsung setidaknya sama seperti mereka menikmati video tradisional.
Pengguna menonton video langsung selama 27 persen lebih lama daripada yang mereka lakukan sebelumnya.
Dengan kata lain, video langsung mungkin sepadan dengan waktu dan uang pemasaran Anda di Facebook. Berikut adalah petunjuk Facebook tentang cara melakukan siaran langsung.
0 Komentar