Ads

Ads

Ads

Saya Marzok

hey!

Saya Marzok

Media sosial mengacu pada sarana interaksi di antara orang-orang di mana mereka membuat, berbagi, dan/atau bertukar informasi dan ide dalam komunitas dan jaringan virtual. Kantor Komunikasi dan Pemasaran mengelola akun utama Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.

Ads Section

ads header

Recent in Technology

Pemasaran Mesin Pencari (SEM): Apa Itu & Bagaimana Melakukannya dengan Benar

mesin pencari Marketing

 Pemasaran mesin pencari, atau SEM, adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif. Dengan jutaan bisnis di luar sana semua berlomba-lomba untuk mendapatkan bola mata yang sama, tidak pernah lebih penting untuk beriklan secara online, dan pemasaran mesin pencari adalah cara paling efektif untuk mempromosikan produk Anda dan mengembangkan bisnis Anda.

Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari ikhtisar tentang dasar-dasar pemasaran mesin telusur serta beberapa tip dan strategi untuk melakukan pemasaran mesin telusur dengan benar.

Pemasaran Mesin Pencari – Gambaran Umum

Pemasaran mesin pencari adalah praktik pemasaran bisnis menggunakan iklan berbayar yang muncul di halaman hasil mesin pencari (atau SERP). Pengiklan menawar kata kunci yang mungkin dimasukkan oleh pengguna layanan seperti Google dan Bing saat mencari produk atau layanan tertentu, yang memberi pengiklan peluang agar iklan mereka muncul di samping hasil untuk kueri penelusuran tersebut.

Iklan ini, sering dikenal dengan istilah iklan bayar per klik, hadir dalam berbagai format. Beberapa kecil, iklan berbasis teks, sedangkan yang lain, seperti iklan cantuman produk (PLA, juga dikenal sebagai iklan Belanja) lebih visual, iklan berbasis produk yang memungkinkan konsumen untuk melihat informasi penting secara sekilas, seperti harga dan ulasan.

Kekuatan terbesar pemasaran mesin telusur adalah menawarkan peluang kepada pengiklan untuk menempatkan iklan mereka di depan pelanggan yang termotivasi yang siap membeli pada saat yang tepat saat mereka siap melakukan pembelian. Tidak ada media periklanan lain yang dapat melakukan ini, itulah sebabnya pemasaran mesin pencari sangat efektif dan cara yang luar biasa ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sudah melakukan SEM di Google? Periksa performa akun Anda dengan Performance Grader Google Ads Gratis kami.


SEM vs. SEO

SEM versus SEO: Apa bedanya?

Umumnya, "pemasaran mesin pencari" mengacu pada pemasaran pencarian berbayar, sebuah sistem di mana bisnis membayar Google untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian.

Optimisasi mesin pencari, atau SEO, berbeda karena bisnis tidak membayar Google untuk lalu lintas dan klik; alih-alih, mereka mendapatkan tempat gratis di hasil pencarian dengan memiliki konten yang paling relevan untuk pencarian kata kunci tertentu.

Baik SEO dan SEM harus menjadi bagian mendasar dari strategi pemasaran online Anda. SEO adalah cara yang ampuh untuk mengarahkan lalu lintas hijau di bagian atas corong, sementara iklan mesin telusur adalah cara yang sangat hemat biaya untuk mendorong konversi di bagian bawah corong.

Kata kunci: Landasan Pemasaran Mesin Pencari

Kata kunci adalah dasar dari pemasaran mesin pencari. Saat pengguna memasukkan kata kunci (sebagai bagian dari permintaan pencarian) ke mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari, seharusnya tidak mengejutkan bahwa kata kunci membentuk dasar pemasaran mesin pencari sebagai strategi periklanan.

Riset Kata Kunci SEM

Sebelum Anda dapat memilih kata kunci mana yang akan digunakan dalam kampanye pemasaran mesin pencari Anda, Anda perlu melakukan penelitian komprehensif sebagai bagian dari strategi manajemen kata kunci Anda.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda dan kemungkinan besar akan digunakan calon pelanggan saat menelusuri produk dan layanan Anda. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan Alat Kata Kunci Gratis WordStream.

Cukup masukkan kata kunci yang relevan dengan bisnis atau layanan Anda, dan lihat ide saran kata kunci terkait yang dapat menjadi dasar berbagai kampanye pemasaran mesin telusur.

Alat Kata Kunci Gratis WordStream memberi Anda berbagai informasi berharga, seperti volume pencarian untuk setiap kata kunci individual di Google dan daya saing umumnya.

Selain membantu Anda menemukan kata kunci yang harus Anda tawar, penelitian kata kunci yang menyeluruh juga dapat membantu Anda mengidentifikasi kata kunci negatif – istilah penelusuran yang harus Anda kecualikan dari kampanye Anda. Kata kunci negatif bukanlah istilah dengan konotasi negatif, melainkan istilah yang tidak relevan yang sangat kecil kemungkinannya untuk menghasilkan konversi. Misalnya, jika Anda menjual es krim, Anda mungkin ingin mengecualikan kata kunci “resep es krim”, karena pengguna yang menelusuri resep es krim kemungkinan tidak akan berada di pasar untuk produk Anda.

Konsep ini dikenal sebagai maksud pencarian, atau kemungkinan bahwa prospek akan menyelesaikan pembelian atau tindakan lain yang diinginkan setelah mencari istilah tertentu. Beberapa kata kunci dianggap memiliki niat komersial yang tinggi, atau indikasi kuat bahwa pencari ingin membeli sesuatu. Contoh kata kunci niat komersial tinggi meliputi:

  • Membeli
  • Diskon
  • Kesepakatan
  • Kupon
  • Bebas biaya kirim

Baca lebih lanjut tentang kata kunci niat komersial di posting blog ini.

Kata Kunci dan Struktur Akun

Aspek penting lain dari kata kunci yang penting untuk keberhasilan kampanye pemasaran mesin pencari adalah struktur akun.

Pengelompokan kata kunci yang logis dan struktur akun dapat membantu Anda mencapai rasio klik-tayang yang lebih tinggi, biaya per klik yang lebih rendah, dan kinerja keseluruhan yang umumnya lebih kuat, dan penelitian kata kunci dapat membantu Anda memikirkan cara terbaik untuk menyusun akun Anda.

Akun Google Ads dan Bing Ads harus disusun dengan cara berikut untuk hasil yang optimal:

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, struktur akun Google Ads yang sempurna terdiri dari lima elemen berbeda:

  • Kampanye iklan
  • Grup iklan
  • Kata kunci
  • Teks iklan
  • Halaman arahan

Kampanye iklan dapat, dan dalam banyak kasus, fokus pada produk atau layanan serupa. Misalnya, jika Anda menjalankan toko perangkat keras, satu kampanye iklan dapat berfokus secara eksklusif pada produk musim gugur seperti peniup daun, penggaruk, dan kantong daun, sedangkan kampanye iklan lainnya mungkin berfokus pada perkakas listrik dan sebagainya.

Grup iklan memungkinkan setiap kampanye disubkategorikan lebih lanjut untuk relevansi. Dalam contoh toko perangkat keras kami, satu grup iklan dapat digunakan untuk berbagai jenis garu atau berbagai model peniup daun. Untuk kampanye perkakas listrik, satu grup iklan mungkin fokus pada bor listrik, sementara yang lain bisa fokus pada gergaji bundar. Tingkat organisasi ini mungkin memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk disiapkan pada awalnya, tetapi imbalannya – yaitu RKT yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah – membuat upaya ini bermanfaat dalam jangka panjang.

Lelang Iklan Pemasaran Mesin Pencari

Salah satu kesalahpahaman yang paling bertahan lama tentang pemasaran mesin pencari adalah bahwa siapa pun yang memiliki anggaran iklan terbesar akan menang. Meskipun anggaran iklan yang lebih besar tentu dapat menguntungkan, terutama ketika menargetkan kata kunci yang sangat kompetitif, tetapi itu jauh dari persyaratan untuk sukses dengan pemasaran mesin pencari. Ini karena semua iklan melalui proses yang dikenal sebagai lelang iklan sebelum muncul di samping hasil penelusuran. Untuk keperluan penjelasan ini, kami akan fokus pada lelang iklan di Google AdWords.

Cara Kerja Lelang Iklan

Proses lelang iklan berlangsung setiap kali seseorang memasukkan kueri penelusuran ke Google. Untuk dimasukkan ke dalam lelang iklan, pengiklan mengidentifikasi kata kunci yang ingin mereka tawar, dan menyatakan berapa banyak yang bersedia mereka belanjakan (per klik) agar iklan mereka muncul di samping hasil yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Jika Google menentukan bahwa kata kunci yang Anda bid ada dalam kueri penelusuran pengguna, iklan Anda akan dimasukkan ke dalam lelang iklan.

Bagaimana Iklan 'Memenangkan' Lelang Iklan

Tidak setiap iklan akan muncul di setiap pencarian. Ini karena lelang iklan mempertimbangkan berbagai faktor saat menentukan penempatan iklan di SERP, dan karena tidak setiap kata kunci memiliki maksud komersial yang memadai untuk membenarkan penayangan iklan di samping hasil. Namun, dua faktor utama yang dievaluasi Google sebagai bagian dari proses lelang iklan adalah tawaran maksimum dan Skor Kualitas iklan Anda.

Tawaran maksimum adalah jumlah maksimum yang telah Anda tentukan yang bersedia Anda bayarkan untuk sebuah klik. Skor Kualitas adalah metrik berdasarkan kualitas keseluruhan iklan Anda. Google menghitung metrik ini selama lelang iklan untuk menentukan penempatan iklan. Hasil perhitungan ini dikenal sebagai peringkat iklan.

Pentingnya Angka Mutu dalam SEM

Mengingat bahwa Skor Kualitas Google AdWords terdiri dari setengah dari formula peringkat iklan, ini adalah salah satu metrik terpenting yang dapat difokuskan oleh pemasar mesin pencari. Skor Kualitas Tinggi dapat membantu Anda mencapai posisi iklan yang lebih baik dengan biaya lebih rendah, karena Google menyukai iklan yang sangat relevan dengan kueri pengguna.

Pada tabel di bawah, Anda dapat melihat bahwa meskipun Pengiklan 1 memiliki tawaran maksimum terendah, mereka memiliki Skor Kualitas tertinggi, yang berarti iklan mereka diberikan prioritas dalam hal penempatan selama lelang iklan:

Skor Kualitas bisa dibilang metrik yang paling penting dalam pemasaran mesin pencari. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Angka Mutu dan dampaknya terhadap kampanye Anda, baca sumber daya ini di Universitas PPC.

Sukses di Pemasaran Mesin Pencari dengan WordStream

Di WordStream, kami makan, tidur, dan bernafas dengan pemasaran mesin pencari. Baik Anda pendatang baru dalam pemasaran penelusuran berbayar atau profesional berpengalaman, kami ingin memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk berhasil dalam pemasaran mesin telusur.

Penilai Kinerja Google Ads WordStream

Salah satu aspek yang paling menantang dari pemasaran mesin pencari adalah memahami bagian mana dari kampanye Anda yang perlu diperhatikan dan mana yang berkinerja baik. Untuk mengetahui seberapa baik kinerja akun Anda, coba Google Ads Performance Grader gratis dari WordStream.

Dalam 60 detik atau kurang, Google Ads Performance Grader melakukan audit komprehensif terhadap akun pemasaran mesin telusur Anda dan mengidentifikasi area yang dapat segera diperbaiki. Akun dinilai berdasarkan 10 tolok ukur pemasaran mesin telusur utama, termasuk:

  • Pemborosan
  • Rasio klik-tayang
  • Angka Mutu
  • Penggunaan kata kunci negatif

WordStream Google Ads Performance Grader benar-benar gratis, jadi dapatkan nilai Anda hari ini dan mulailah membuat peningkatan segera pada kampanye pemasaran mesin telusur Anda.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement