Ads

Ads

Ads

Saya Marzok

hey!

Saya Marzok

Media sosial mengacu pada sarana interaksi di antara orang-orang di mana mereka membuat, berbagi, dan/atau bertukar informasi dan ide dalam komunitas dan jaringan virtual. Kantor Komunikasi dan Pemasaran mengelola akun utama Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.

Ads Section

ads header

Recent in Technology

Cara Mendapatkan 1.000 Pengikut Instagram Pertama Anda (atau Berikutnya)

Gain Your First 1,000 Instagram Followers


Bukan rahasia lagi bahwa peluang bisnis terus berkembang di Instagram. Sekitar 90% dari 1 miliar pengguna aktif bulanan Instagram mengikuti akun bisnis di platform, dan ada lebih dari 200 juta akun bisnis.

Data Baru: Laporan Keterlibatan Instagram [Versi 2022]

Tapi inilah masalahnya: Kecuali Anda terkenal, sangat sulit untuk mengumpulkan banyak pengikut di Instagram tanpa kerja keras.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan segera untuk mengumpulkan setidaknya 1.000 pengikut berkualitas untuk akun Instagram pribadi atau profesional Anda. Ini semua tentang mengetahui di mana menginvestasikan waktu dan usaha Anda.

Dalam posting ini, kita akan membahas beberapa strategi yang akan membantu Anda mendapatkan pengikut tersebut, mulai dari membuat profil Instagram yang layak diikuti hingga menggunakan kontes, hingga tetap setia pada merek Anda.

1. Buat dan optimalkan profil Anda.

Hal pertama yang pertama: Sesuaikan profil Instagram Anda agar terlihat bagus. Beri tahu pengikut potensial Anda siapa Anda, dan beri mereka alasan untuk mengikuti Anda.

Bagaimana? Mulailah dengan memastikan nama pengguna Anda dapat dikenali dan dicari dengan mudah – seperti nama bisnis Anda.

Jika nama bisnis Anda sudah diambil, coba pertahankan nama bisnis Anda sebagai bagian pertama dari nama pengguna Anda sehingga orang yang menelusuri bisnis Anda lebih mungkin untuk menemukan Anda. Misalnya, lini pakaian aktif Australia Lorna Jane menggunakan nama pengguna @lornajaneactive.

Menyiapkan Akun Anda

Langkah 1. Tambahkan nama bisnis lengkap Anda ke bidang "Nama" di bagian "Opsi". Untuk menemukan "Opsi", ketuk tiga garis di sudut kanan atas aplikasi iOS, diikuti oleh "Pengaturan" yang akan muncul di bagian bawah layar di sebelah roda gigi. Jika Anda menggunakan Android, ketuk tiga titik di sudut. Bisnis atau nama Anda akan muncul di bawah gambar profil dan nama pengguna Anda dalam pencarian.

Langkah 2. Jadikan profil Anda publik. Untuk menjadikan profil Anda publik, buka Instagram, buka "Opsi", dan pastikan "Akun Pribadi" dimatikan.

Langkah 3. Pilih gambar profil yang sesuai merek dengan jejaring sosial Anda yang lain, seperti logo perusahaan Anda.

Langkah 4. Isi bio Anda dengan informasi yang menyenangkan, dapat ditindaklanjuti, dan informatif tentang merek Anda. Informasi seperti ini membuat orang tahu tentang Anda dan memberi mereka alasan untuk mengikuti Anda. Sertakan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan, dan pastikan untuk menambahkan sedikit kepribadian.

Berikut adalah beberapa contoh untuk inspirasi:

@cheekbonebeauty: "Lebih sedikit limbah. Bahan yang etis dan aman."
@Oreo: "Momen menyenangkan dari kue favorit Anda."
@mrsbrittanyhennessy: "Membantu Influencer melampaui #sponcon dan menciptakan bisnis yang berkelanjutan."
@CalifiaFarms: "Sesuatu yang berbeda, sesuatu yang lebih baik. Mari kita tunjukkan apa yang bisa dilakukan tanaman."
@coragedolls: "Mengangkat, mendidik, & mendorong gadis kulit berwarna untuk tak terbendung dengan boneka yang akhirnya mirip dengannya."

Langkah 5. Tambahkan pohon tautan ke bio Anda untuk memudahkan orang langsung beralih dari Instagram ke platform Anda yang lain jika mereka mau. Ruang yang dialokasikan untuk URL adalah real estat yang berharga. Saat Anda menerima 10.000 pengikut, Anda dapat menambahkan tautan ke Cerita Instagram Anda.

Sampai saat itu, bio Anda adalah satu-satunya tempat di Instagram di mana Anda dapat menempatkan tautan yang dapat diklik, jadi gunakanlah dengan bijak. Sebaiknya gunakan tautan Bitly yang dipersingkat dan disesuaikan agar lebih dapat diklik.

Langkah 6. Aktifkan notifikasi agar Anda dapat melihat saat orang membagikan atau mengomentari foto Anda. Ini akan memungkinkan Anda terlibat dengan mereka lebih cepat – seperti yang dilakukan banyak perusahaan di Twitter. Untuk mengaktifkan notifikasi, buka "Opsi" lalu "Setelan Pemberitahuan Dorong". Pilih "Dari Semua Orang" untuk setiap kategori.

Sebuah kata bijak: Kami tidak menyarankan Anda menautkan akun Instagram Anda ke Twitter dan Facebook (atau platform media sosial lainnya) untuk posting otomatis. Karena setiap platform melayani audiens yang berbeda dan membutuhkan jenis posting yang berbeda.

2. Tunjuk pembuat konten.

Sama seperti seharusnya ada satu (mungkin dua) orang yang mengelola akun media sosial Anda yang lain, seharusnya hanya ada satu atau dua orang yang mengelola akun Instagram Anda.

Jika memungkinkan, pilih seseorang dengan pengalaman di platform yang akan "mendapatkannya" — dan pastikan mereka tetap mendapatkan informasi terbaru tentang semua fitur baru yang ditawarkan Instagram dari Reels hingga IGTV.

Jika Anda bekerja untuk sebuah organisasi besar, Anda mungkin menemukan bahwa banyak orang ingin berbicara tentang apa yang diposkan. Saat itulah permintaan terorganisir atau dokumen pedoman berguna.

Dokumen ini harus memberi tahu orang-orang cara meminta kiriman di akun Instagram Anda, kapan, nilai kiriman, dan mengapa.

3. Ikuti praktik terbaik fotografi dan pengeditan.

Di Instagram, kualitas postingan itu penting. Banyak. Pengikut Twitter Anda mungkin memaafkan beberapa tweet yang buruk, tetapi foto yang buruk di Instagram adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

Untungnya, Anda tidak perlu mengambil kursus fotografi untuk menjadi poster Instagram yang bagus — Anda juga tidak perlu berlatih selama berminggu-minggu sebelum memulai. Tetapi Anda harus terbiasa dengan tips fotografi dasar dan aplikasi pengeditan foto.

Praktik Terbaik Fotografi
Karena Instagram adalah aplikasi seluler, kemungkinan besar, beberapa konten yang Anda posting ke Instagram akan diambil di perangkat seluler Anda. Itu diharapkan.

Jika anggaran Anda memungkinkan, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam fotografi profesional untuk foto Instagram Anda, karena itu akan meningkatkan profil Anda. Jika tidak, ponsel cerdas dan beberapa aplikasi pengeditan akan berfungsi.

  • Fokus pada satu subjek pada satu waktu.
  • Merangkul ruang negatif.
  • Temukan perspektif yang menarik.
  • Carilah simetri.
  • Tangkap detail kecil.
  • Buat pengikut Anda tertawa.

Edit foto sebelum Anda memposting.

Instagram memiliki beberapa kemampuan pengeditan dasar, tetapi seringkali tidak cukup untuk membuat visual menjadi sangat bagus.

Sebagian besar foto Anda harus melalui setidaknya satu atau dua aplikasi pengeditan foto di ponsel Anda sebelum Anda membukanya di Instagram.

Selain itu, pertimbangkan untuk membuat tema Instagram yang kohesif di seluruh umpan Anda, sehingga siapa pun yang mengunjungi akun Anda untuk pertama kalinya dapat memahami merek Anda.

4. Tetapkan jadwal posting yang teratur.

Setelah Anda membuat dan mengoptimalkan profil Anda, meminta seseorang untuk mengelolanya, dan menyiapkan aset materi iklan Anda, inilah saatnya untuk mulai memposting.

Merupakan ide bagus untuk memiliki jumlah posting yang bagus – mungkin 15 atau lebih – sebelum Anda mulai melibatkan orang dan mengerjakan daftar ini. Dengan begitu, saat orang mengunjungi profil Anda, mereka akan melihat foto dalam layar penuh dan tahu bahwa Anda akan memposting konten yang bagus secara teratur.

Untuk mulai memposting di Instagram, unduh templat kalender konten media sosial ini terlebih dahulu dan rencanakan postingan Anda. Yang terbaik adalah membuat tumpukan konten yang siap beberapa hari atau minggu sebelum tanggal penerbitan.

Ini akan memastikan Anda selalu memiliki konten selama liburan, liburan, dan bahkan blok kreatif.

Ingatlah persona target Anda saat Anda merencanakan jadwal posting Anda, karena itu dapat secara drastis memengaruhi waktu dan frekuensi posting Anda – terutama jika Anda menargetkan audiens di zona waktu yang berbeda. (Unduh template gratis ini untuk membuat persona pembeli jika Anda belum memilikinya.)

Mengoptimalkan jadwal Anda untuk audiens spesifik Anda mungkin membutuhkan waktu dan eksperimen.
Bereksperimenlah dengan waktu dan hari ini untuk melihat apa yang berhasil dengan audiens Anda. Anda mungkin menemukan bahwa pengguna target Anda paling aktif dan terlibat pada waktu yang berbeda.

5. Izinkan kontributor luar untuk mengkurasi konten Anda.

Meskipun yang terbaik adalah hanya memiliki satu atau dua orang yang mengelola akun Anda, satu atau dua orang tidak dapat berada di mana-mana sekaligus untuk mengambil foto. Bagaimana dengan malam sushi yang menyenangkan yang dialami para insinyur tadi malam? Atau acara kepala penjualan Anda berbicara di awal minggu ini?

Ada begitu banyak konten yang ingin Anda posting ke Instagram, dan lebih sering daripada tidak, satu orang tidak akan dapat melacak semuanya.

Satu solusi? Buat sistem tempat Anda dapat mengkurasi foto dan konten dari anggota tim Anda.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Opsi pertama adalah membuat alamat email khusus bagi karyawan untuk mengirim foto, video pendek, meme, hyper-lapse, dan sebagainya.

Dorong orang untuk menambahkan baris subjek deskriptif sehingga Anda dapat dengan mudah menyortir konten yang mereka kirim. Meskipun ini sepertinya bukan cara yang paling mulus untuk mengkurasi foto, sebenarnya ini adalah cara termudah bagi orang yang mengirimi Anda foto — dan semakin mudah Anda membuatnya agar mereka mengirim konten, semakin banyak konten yang akan Anda dapatkan.

Jika tim Anda berbagi akun Box atau Dropbox, Anda juga dapat membuat folder bersama tempat orang-orang dapat secara otomatis menjatuhkan foto dan video mereka.

6. Gunakan suara merek khusus platform yang konsisten.

Foto dan video mungkin menjadi bagian terpenting dari postingan Instagram Anda, tetapi keterangan, komentar, dan teks lainnya tidak boleh diabaikan. Jika Anda mengelola saluran untuk suatu merek atau memiliki lebih dari satu pengelola Instagram, pertimbangkan untuk mengembangkan suara yang konsisten yang memanusiakan merek Anda.

Ini menunjukkan kepada calon pengikut bahwa Anda kredibel dan dapat dihubungkan, bukan formal atau mengintimidasi.

Saat mengembangkan suara, Anda harus mengingat platform dan audiens Anda.

Misalnya, banyak influencer dan akun terkemuka di Instagram memiliki suara dan gaya yang sangat kasual tetapi tetap profesional dan sesuai merek. Setelah suara Anda turun, pastikan itu tetap konsisten dan alami dalam teks, komentar, pesan, dan bio Anda.

7. Tulis keterangan yang menarik dan dapat dibagikan.

Teks adalah bagian penting dari posting Anda — lapisan gula pada kue jika Anda mau. Teks yang bagus secara konsisten dapat melakukan keajaiban untuk memanusiakan merek Anda, memenangkan pengikut, dan membuat konten Anda lebih dapat dibagikan — sehingga memberi Anda lebih banyak eksposur.
Berikut adalah beberapa hal yang mungkin Anda lihat dalam caption Instagram yang menang:

  • Komentar yang cerdas atau jenaka
  • Panggilan untuk bertindak
  • emoji yang relevan
  • Hashtag
Lebih lanjut tentang itu di bawah ini.

Komentar Pintar atau Cerdas

Beberapa merek dan influencer telah menggunakan teks yang cerdas atau jenaka, atau bahkan lelucon yang sesuai dengan audiens untuk lebih memanusiakan diri mereka sendiri di Instagram.

Rekan saya Kelly Hendrickson, manajer tim media sosial HubSpot, mengatakan bahwa dia menyukai akun dan sub-akun Netflix, terutama karena teks postingan.

"Mereka memiliki suara merek yang jelas, dan Anda ikut tertawa bersama mereka. Mereka terlibat dalam lelucon, sama seperti salah satu teman Anda," katanya.

Suara Netflix santai, trendi, dan lucu sambil tetap mempertahankan merek.

Dalam postingan di atas, judulnya lucu, autentik, dan relatable. Siapa yang tidak membolak-balik Kisah Instagram teman dengan harapan Anda akan ditampilkan?

Panggilan untuk Bertindak

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan berbagi teks Anda dan melibatkan pengikut Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan atau memiliki semacam ajakan bertindak dalam teks foto Anda.

Misalnya, Anda dapat menulis, "Ketuk dua kali jika menurut Anda ini lucu", atau "bagikan cerita Anda di komentar".

Pada contoh di bawah ini, kami meminta pengikut akun Instagram @HubSpot untuk memberikan komentar dengan buku yang berdampak positif pada karya mereka, serta menandai penulisnya:

Emoji yang relevan

Menambahkan hanya beberapa emoji yang relevan dapat menambahkan lebih banyak kepribadian ke postingan Anda. Itu juga bisa membuat mereka lebih terlihat di feed Instagram. Dalam postingan di bawah ini, Danielle Gray, pakar kecantikan dengan lebih dari 50 ribu pengikut, (@Stylenbeautydoc) menyertakan teks lucu dengan emoji yang relevan untuk membuat postingan menjadi populer.
Seiring dengan tiga item yang tercantum di atas, Anda juga ingin menyertakan tagar.

8. Optimalkan posting dengan hashtag yang relevan.

Di Instagram, tagar mengikat percakapan dari pengguna berbeda yang belum terhubung ke satu aliran. Jika Anda menggunakan hashtag yang relevan, postingan Anda akan mendapatkan eksposur ke audiens yang lebih luas dan membantu Anda menjadi mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Kunci untuk menggunakan tagar secara efektif adalah selektif dan menggunakannya dengan hemat. Cobalah untuk membatasi jumlah tagar per teks menjadi sekitar tiga. Demikian pula, jangan gunakan tagar "suka untuk suka", seperti #like4like atau #like4likes.

Ini adalah taktik pintasan yang hanya akan membuat Anda memiliki pengikut berkualitas rendah.

Untuk menemukan tagar yang mungkin digunakan audiens Anda, lakukan sedikit riset tentang tagar yang relevan di niche atau industri Anda. Cara termudah untuk melakukan penelitian ini adalah di aplikasi Instagram itu sendiri, di tab Jelajahi (yaitu, ikon kaca pembesar).

Saat Anda mencari satu tagar, itu akan menampilkan daftar tagar terkait di bagian atas layar Anda.

Misalnya, ketika saya mencari #digitalmarketingstrategy di Instagram, itu menunjukkan kepada saya hashtag yang relevan seperti #digitalmarketingexpert, #digitalmarketing, dan sebagainya.
Untuk membantu berhubungan dengan pengikut Anda secara pribadi, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikuti tren hashtag seperti #tbt ("Throwback Thursday"), #MotivationMonday, #TransformationTuesday, atau hashtag trending lainnya. Berikut postingan dari @fanmdjanm, koleksi penutup kepala dan merek gaya hidup dengan lebih dari 150 ribu pengikut di akun Instagram-nya, menggunakan tagar #HappyMothersDay:

Setelah Anda membangun sedikit pengikut, Anda dapat mencoba membuat tagar Anda sendiri — seperti nama perusahaan Anda atau slogan yang berlaku untuk konten Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun merek Anda di platform dan membangun kehadiran yang lebih kohesif.

9. Bersandar pada format konten yang sedang tren.

Dengan hadirnya TikTok di kancah media sosial, video berdurasi pendek telah menjadi salah satu format konten paling efektif di media sosial.

Faktanya, menurut survei Blog HubSpot, 85% pemasar yang menggunakan video bentuk pendek menganggapnya sebagai format konten yang paling efektif. Dan 95% pemasar yang memanfaatkan video berdurasi pendek berencana untuk meningkatkan investasi mereka atau terus menginvestasikan jumlah yang sama pada tahun 2022.

Itulah mengapa penting untuk bersandar pada format konten yang sedang tren. Setelah TikTok, Instagram keluar dengan IG Reels, dan fitur ini adalah cara yang bagus untuk memposting konten yang lucu dan berhubungan.

Ketika Instagram keluar dengan alat baru, seperti IG Reels, jangan takut untuk menggunakan fitur tersebut karena mereka dapat membantu Anda mendapatkan pengikut Instagram.

10. Posting konten yang ingin dilihat pengikut Anda.

Untuk mendapatkan 1.000 pengikut pertama Anda di Instagram, penting untuk mengetahui siapa audiens Anda. Setelah Anda membuat akun Instagram, Anda harus mencatat postingan mana yang berkinerja terbaik.

Apakah itu konten interaktif, cerita di balik layar, postingan lucu dan menarik, atau yang lainnya? Saat Anda memiliki gambaran umum tentang apa yang berkinerja terbaik, terus buat jenis konten tersebut.

Selain itu, Instagram memiliki banyak alat dan fitur yang dapat Anda gunakan: IGTV, IG Reels, Instagram Stories, Instagram Live, Sorotan, dll. Mulailah dengan memposting beberapa jenis format konten dan lihat mana yang terbaik. Kemudian, buat strategi dan kuasai satu alat itu. Melakukannya akan membantu Anda membuat konten yang ingin dilihat pengikut Anda dan mendapatkan pengikut baru.

11. Promosikan Instagram Anda.

Seperti pepatah lama tentang pohon tumbang di hutan, jika Anda memulai akun Instagram tanpa mempromosikannya, apakah akun itu sudah nyata? Baiklah. Tapi, Anda akan memiliki lebih sedikit pengikut.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengikut di Instagram adalah dengan mempromosikan akun Anda. Sematkan posting di blog Anda (seperti yang Anda lihat beberapa di posting ini), posting di platform media sosial Anda yang lain, dan bagikan tautan sosial di buletin email Anda. Cara yang bagus untuk mendapatkan pengikut di satu platform adalah dengan bertanya kepada pengikut saat ini di platform lain apakah mereka juga ingin mengikuti Anda di tempat lain.

Selain itu, untuk mempromosikan Instagram Anda, penting untuk memulai dengan promosi dan iklan Instagram. Ini akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Saya tahu sepertinya iklan hanya efektif untuk menjual produk tertentu, tetapi saya telah mengikuti beberapa akun bisnis karena postingan bersponsor yang saya lihat.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement