Ads

Ads

Ads

Saya Marzok

hey!

Saya Marzok

Media sosial mengacu pada sarana interaksi di antara orang-orang di mana mereka membuat, berbagi, dan/atau bertukar informasi dan ide dalam komunitas dan jaringan virtual. Kantor Komunikasi dan Pemasaran mengelola akun utama Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan YouTube.

Ads Section

ads header

Apa itu TikTok? Semua yang perlu diketahui pemasar media sosial

Recent in Technology

what-is-tiktok


 Pernah menemukan video TikTok meskipun Anda tidak berada di platform? Kemungkinan besar Anda mungkin pernah melihat setidaknya satu dari video lip-sync yang viral, atau screencaps dan gif dari konten meme-layak di saluran sosial Anda yang lain, seperti Instagram dan Twitter.

Salah satu contoh bagus dari jenis meme yang menyebar di media sosial adalah meme “Gadis Kombucha”. Berikut adalah salah satu contoh penggunaan ulang video untuk meme Twitter:

Meme ini berasal dari TikTok, di mana Brittany Tomlinson yang berusia 22 tahun membagikan video dia mencoba Kombucha untuk pertama kalinya. Reaksinya meluncurkan ribuan meme, dengan video aslinya mendapatkan lebih dari 365.5k dibagikan dan 2 juta suka. Dan dia menjadi sensasi semalam.

Itulah kekuatan yang dimiliki TikTok di lanskap media sosial saat ini. Saat pemasar melihat meme lepas landas, masuk akal bahwa dengan konten yang tepat, platform dapat membantu Anda menjangkau jutaan orang dan membuat merek Anda menjadi viral.

Tapi apa sebenarnya TikTok itu? Bagaimana cara kerjanya dan bagaimana relevansinya bagi pemasar? Yang paling penting, dapatkah Anda benar-benar menggunakannya untuk menjangkau audiens target Anda?

Posting ini akan menjawab semua pertanyaan mendesak itu sehingga Anda dapat memahami platform dengan lebih baik dan memutuskan apakah itu relevan untuk merek Anda atau tidak.

Apa itu TikTok?

TikTok adalah platform media sosial berbagi video, yang awalnya kami kenal sebagai Musical.ly. Ini memiliki beberapa kesamaan dengan aplikasi Vine yang sekarang sudah tidak berfungsi karena fokus utamanya adalah pada video pendek berukuran gigitan.

Pengguna dapat menyesuaikan video mereka dengan filter, stiker, dan musik latar, lalu membagikannya dengan komunitas TikTok. Setelah dibagikan, orang dapat menyukai, mengomentari, atau membagikan video.

Meskipun TikTok awalnya membuat nama sebagai aplikasi sinkronisasi bibir, itu lebih dari itu. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat dijelajahi pengguna di TikTok:

1. Buat video

TikTok memungkinkan pengguna membuat video dengan merekamnya langsung menggunakan aplikasi. Tetapi Anda juga dapat mengunggah video dari luar aplikasi. Perekam video memungkinkan Anda memilih durasi video yang diinginkan, dengan durasi maksimal 10 menit.

2. Tambahkan musik

Musik adalah landasan platform TikTok. Pengguna bahkan dapat menemukan konten baru dengan mengklik tautan trek dan melakukan pencarian klip yang menggunakan lagu tersebut. Jadi menambahkan lagu populer di video Anda akan meningkatkan peluang Anda menjadi trending di komunitas. Dengan integrasi Apple Music, aplikasi ini memungkinkan Anda menelusuri perpustakaan musik yang kuat dan menemukan suara yang sempurna untuk ditambahkan ke video Anda.

3. Buat konten bersama menggunakan duet

TikTok juga menawarkan fitur seperti duet, yang membantu memelihara keterlibatan dalam komunitas. Fitur ini melakukan persis seperti namanya – ini memungkinkan Anda membuat video dengan pembuat lain dan akan membagi layar menjadi dua untuk menampilkan kedua kamera. Sebagian besar pengguna menggunakan fitur ini untuk bernyanyi atau menari dengan lagu yang sama. Beberapa bahkan menggunakannya untuk mengembangkan video yang sesuai seperti film pendek komedi.

4. Tambahkan filter dan efek

Apa yang disukai pengguna tentang aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengedit video mereka dengan filter dan efek yang berbeda. Anda bahkan dapat menambahkan stiker, emoji, teks, transisi, GIF, dan efek waktu untuk membuat video Anda lebih menarik secara visual.

5. Siaran langsung

TikTok juga hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda melakukan streaming siaran video langsung. Tetapi perhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia untuk pengguna tertentu dengan lebih dari 1.000 pengikut.

Siapa yang menggunakan TikTok?

Seperti halnya platform media sosial seperti Instagram dan Snapchat, TikTok tampaknya paling menarik bagi audiens remaja dan dewasa muda. Analisis GlobalWebIndex menemukan bahwa 41% pengguna aplikasi berusia antara 16 dan 24 tahun.

App Ape juga menemukan bahwa 66% pengguna aplikasi berusia di bawah 30 tahun. Jadi meskipun memiliki konsentrasi pengguna muda yang lebih tinggi, itu tidak sepenuhnya terlarang untuk orang dewasa yang lebih tua dari 30 tahun. Ini sangat populer di kalangan mereka yang berusia 40-an, yang merupakan 16,8% dari basis pengguna aplikasi.

Menariknya, TikTok tampaknya lebih populer di kalangan pengguna pria dibandingkan dengan pengguna wanita, yang biasanya tidak terjadi di platform media sosial lainnya. Baik Facebook maupun Instagram memiliki lebih banyak pengguna wanita daripada pengguna pria. Namun menurut analisis App Ape yang dikutip di atas, pengguna TikTok adalah 55,6% pria dan 44,4% wanita.

Pada aspek geografis, sebagian besar pengguna aplikasi berasal dari India dan China. Tetapi Amerika Serikat berada di peringkat ketiga dengan 123,8 juta unduhan berasal dari negara tersebut dan merupakan 8,2% dari total unduhan aplikasi.

Mengapa TikTok begitu populer?

Sebagian besar dari kita belum pernah mendengar tentang TikTok sampai beberapa tahun yang lalu dan popularitasnya meningkat pesat sejak itu. Sekarang bahkan selebriti seperti Kevin Hart, Usher dan Jenna Boyd telah bergabung dengan platform untuk berinteraksi dengan penggemar.

Jika Anda melihat jumlahnya, pertumbuhan popularitas aplikasi yang cepat menjadi jauh lebih jelas. Meskipun itu adalah aplikasi ketiga yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada Q1 tahun 2019, itu telah melampaui Messenger untuk menjadi aplikasi kedua yang paling banyak diunduh selama Q3 di tahun yang sama. Pada Q1 2022, TikTok adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia, dan melampaui Google sebagai domain web paling populer.

Jadi apa yang membuat TikTok begitu populer? Mengapa itu mendapatkan begitu banyak pengakuan dan mengapa itu tumbuh begitu cepat?

Pengunduhan video memicu lebih banyak share

Yang membedakan TikTok dari platform media sosial lainnya adalah pengguna dapat dengan bebas mengunduh video dari pengguna lain. Mereka kemudian dapat membagikan video ini ke platform media sosial lainnya untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Ini mungkin alasan utama mengapa platform ini mendapatkan begitu banyak popularitas selama beberapa tahun terakhir.

Karena setiap video memiliki tanda air platform bersama dengan nama pengguna pembuat konten asli, itu menyisakan sedikit ruang untuk plagiarisme dan memberikan kredit yang layak. Plus, ketika orang-orang menonton video yang diunduh di platform sosial lain, mereka akan tahu persis ke mana harus pergi dan pengguna mana yang harus diikuti jika mereka menginginkan lebih.

Tantangan viral

Selain itu, tantangan viral juga berkontribusi pada pertumbuhan platform. Pengguna dan merek sama-sama menghadapi tantangan yang akhirnya menjadi viral dan memaksa pengguna lain untuk berpartisipasi. Tantangan-tantangan ini juga sangat efektif untuk menarik non-pengguna untuk bergabung dengan platform.

Faktanya, itu adalah salah satu tantangan yang memicu popularitas besar “Jalan Kota Tua” Lil Nas. Pada April 2019, pengguna mulai membuat video di mana lagu tersebut berfungsi sebagai elemen tanda tangan dari video ini, yang mendesak penggemar untuk menemukannya di layanan streaming. Ini akhirnya mendorong "Jalan Kota Tua" ke tangga lagu Billboard.

Baru-baru ini, pengguna TikTok telah menemukan tantangan baru yang disebut #seeya, yang secara kreatif menggunakan efek filter video tertentu dan telah mengumpulkan lebih dari 1 miliar tampilan. Namun, TikTok bergerak dengan sangat cepat sehingga bahkan pada saat artikel ini diterbitkan, Anda mungkin akan melihat serangkaian tren dan tagar baru yang mendominasi halaman Discover.

Bagaimana Anda bisa menggunakan TikTok untuk pemasaran?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, TikTok mendapatkan jutaan unduhan di pasar AS. Dibandingkan dengan aplikasi media sosial lainnya, ia juga melihat persentase tertinggi dari pengguna aktif berusia 20 tahun ke bawah. Selain itu, pengguna Amerika menghabiskan lebih banyak uang di platform. Pada Oktober 2019, mereka secara kolektif menghabiskan $ 23,1 juta untuk pembelian dalam aplikasi TikTok.

Terlepas dari angka-angka ini, pemasar masih belum memanfaatkan platform secara maksimal. Sprout Social Index™ terbaru kami: Tren Media Sosial untuk 2022 dan Setelahnya, menemukan bahwa 39% pemasar menggunakan TikTok.

Angka-angka ini bisa dimaklumi karena TikTok masih terbilang baru, apalagi sedikit berbeda dengan platform sosial yang biasa kami gunakan. Begitu banyak pemasar yang masih dalam proses memahami cara kerjanya dan kesesuaiannya dengan pembuatan konten dan kampanye pemasaran mereka. Status TikTok sebagai inkubator tren yang bergerak cepat berarti eksperimen dihargai, dan banyak merek memperkuat kehadiran TikTok mereka dengan menguji taktik yang sama sekali baru di platform.

Berikut adalah beberapa ide pemasaran TikTok yang mungkin bisa membantu:

Luncurkan tantangan hashtag bermerek

Kami telah membahas bagaimana tantangan tagar viral bisa didapat dan seberapa besar kekuatan yang mereka miliki. Jadi, jika Anda akan memasarkan merek Anda di TikTok, mengapa tidak meluncurkan tantangan tagar bermerek? Yang perlu Anda lakukan adalah membuat nama tantangan menarik yang relevan dengan merek atau produk Anda. Kemudian buat video menggunakan nama tantangan sebagai tagar dan bagikan dengan pengikut Anda.

Itulah tepatnya yang dilakukan Chipotle untuk mempromosikan merek mereka di TikTok. Mereka membagikan video, yang sebelumnya dipopulerkan melalui Vine, tentang seorang wanita yang menari mengikuti lagu tentang guacamole dan menandainya #guacdance.

Meskipun Chipotle tidak serta merta mendorong pengikut mereka untuk berpartisipasi, tantangan itu tetap menjadi viral. Namun, kami sarankan untuk lebih spesifik dan menambahkan ajakan bertindak dalam teks Anda untuk mendorong lebih banyak partisipasi.

Ketika Guess meluncurkan tantangan #InMyDenim, kampanye mereka melihat tingkat keterlibatan total 14,3%. Plus, akun bisnis mereka memperoleh 12.000+ pengikut dari awal.

Bekerja dengan pembuat konten yang berpengaruh

Pembuat konten berpengaruh di TikTok memiliki jutaan pengikut dan mendorong banyak keterlibatan. Jadi, jika Anda akan mempromosikan merek Anda di platform, bekerja samalah dengan mereka untuk memperkuat upaya Anda. Anda dapat meminta mereka membuat konten yang menampilkan produk atau merek Anda, atau dalam tema yang relevan dengan industri Anda. Plus, Anda bahkan dapat menggunakan pengaruh mereka untuk memulai tantangan tagar bermerek Anda.

Untuk Universal Pictures, influencer TikTok memainkan peran utama dalam promosi film mereka, “The House with a Clock in its Walls”. Mereka bermitra dengan 10 influencer yang masing-masing membuat cerita 'ajaib' menggunakan tagar #FindYourMagic. Video-video ini mengumpulkan total 1,3 juta suka dan bahkan menghasilkan 19k+ lebih banyak video dari pengguna lain.

Merek ini juga memperoleh 11k+ pengikut baru hanya dalam enam hari. Hingga saat ini, tagar tersebut telah mengumpulkan lebih dari 80 juta tampilan di platform.

Menambahkan TikTok ke strategi konten sosial Anda

Mengingat betapa uniknya TikTok dibandingkan dengan jaringan lain, mungkin terasa menakutkan untuk ditambahkan ke alur kerja sosial Anda. Mengelola profil TikTok Anda dalam alat yang komprehensif seperti Sprout Social dapat mengurangi stres itu. Dengan integrasi TikTok Sprout, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan TikTok ke dalam proses penerbitan, keterlibatan, dan pelaporan yang ada, membantu Anda:

Rencanakan konten secara efisien: Anda dapat tetap teratur dengan menjadwalkan video TikTok Anda di kalender lintas jaringan bersama. Di sana Anda dapat melihat bagaimana TikTok cocok dengan konten Anda yang akan datang.

Bangun koneksi yang lebih baik: TikTok memiliki komunitas yang sangat aktif di bagian komentar. Di Sprout, Anda dapat mengelola komentar tersebut secara efisien dari kotak masuk yang sama dengan saat Anda mengelola pesan jejaring sosial lainnya—sehingga Anda tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens Anda.

Buat keputusan yang tepat: Penting untuk mengomunikasikan dampak yang dibuat TikTok, dan menemukan cara untuk menyempurnakan strategi Anda dalam jangka panjang. Tapi itu bisa memakan waktu, terutama dengan semua jejaring sosial yang Anda kelola. Keluarkan pekerjaan manual dari pelaporan TikTok Anda dengan laporan otomatis siap presentasi dari Sprout. Ini membantu Anda membandingkan kinerja video dari waktu ke waktu, melihat bagaimana pertumbuhan profil Anda memengaruhi sasaran bisnis Anda, dan dengan mudah mengukur kinerja video TikTok terhadap konten sosial Anda yang lain.

Pikiran terakhir: Apakah TikTok cocok untuk Anda?

Pemasaran TikTok bisa sangat kuat ketika dijalankan secara strategis. Berlawanan dengan kepercayaan populer, aplikasi ini adalah rumah bagi beragam pengguna dan merek yang tersebar luas (dari B2C hingga B2B dan organisasi nirlaba).

Untuk merek apa pun yang mempertimbangkan untuk memulai dengan TikTok, ada baiknya untuk memulai dengan penelitian. Validasi bahwa audiens inti Anda (atau audiens baru yang ingin Anda jangkau) ada di platform, dan kembangkan rencana jangka pendek untuk pengujian dan iterasi konten.

Apakah Anda akan menggunakan TikTok untuk pemasaran dalam waktu dekat? Lihat statistik TikTok penting untuk pemasar jika Anda masih mencoba memahami nilai platform.


Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement